UPAYA KEPALA MADRASAH MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM (ROHIS) DI MTs NURUL WATHAN KECAMATAN PLANGIRAN

Authors

  • Ein Maria Olfa Prodi Pendidikan Agama Islam, STAI Auliaurrasyidin, Indonesia
  • Indra Marzali Institut Agama Islam Ar-Risalah INHIL, Riau, Indonesia

Keywords:

Pendidikan Karakter, ROHIS, Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya yang dirancang dan dilaksanakan secara sistematis untuk membantu peserta didik memahami nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan dan perbuatan berdasarkan norma agama, hukum, tata krama, budaya dan adat istiadat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya kepalas sekolah membangun karakter peserta didik melalui pengembangan pendidikan Islam (ROHIS) di MTs Nurul Wathan Kecamatan Plangiran. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, obsevasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan teknik persentase. Dari penelitian didapatkan hasil perhitungan dengan menggunakan persentase dari upaya kepalas sekolah membangun karakter peserta didik melalui pengembangan pendidikan Islam (ROHIS) di MTs Nurul Wathan Kecamatan Plangiran diperoleh hasil dengan persentase 93,15%. dapat disimpulkan Upaya Kepala Sekolah Membangun Karakter Peserta Didik melalui Pengembangan Pendidikan Islam (ROHIS) di MTs Nurul Wathan Kecamatan Plangiran dengan persentase 93,15%. dikategorikan “Sangat Baik  “ karena berada pada interval 81%-100%.

References

Muchtar, Heri Jauhari. (2008). Fikih Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Daradjat, Zakiah. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamid, Hamdani dan Beni Ahmad Saebani. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Langgulung, Hasan. (1984). Manusia dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Ramayulis. (2001). Pendidikan Islam Dalam Rumah tangga. Jakarta: Kalam Mulia.

Madjid, Abdul & Dian Andayani. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Hasanah, Aan. (2013). Pendidikan Karakter berperspektif Islam. Bandung: Insan Komunika.

Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfa Beta.

Sagala, Syaiful dan Syawal Gultom. (2011). Praktik Etika Pendidikan di Seluruh Wilayah NKRI. Bandung: Alfabeta.

Koesoema, Doni A. (2012). Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasi Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media group.

Amri, Ulil. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: Rajawali Pers.

Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berkepribadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanti. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ali Maksum Yogyakarta. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, dilihat 29 September 2023, h. 3 <http://digilib.uinsuka.ac.id/11126/1/BAB%20I,%20IV,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf>.

Kesuma, Dharma. (2012). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Rosda Karya.

Wiyani, Novan Ardy. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: Pedagogia.

Prihatin, Eka. (2011). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Fitriyah, Eviy Aidah. (2009). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Terhadap Tingkah Laku Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam di MAN Malang 1. Skripsi. Malang: UIN Malang.

Downloads

Published

26-12-2023