PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK-ANAK: KOLABORASI YANG EFEKTIF DENGAN SEKOLAH

Authors

  • Abdul Rouf Institut Agama Islam Ar-Risalah INHIL, Riau, Indonesia

Keywords:

Strategi, Pembelajaran, Masalah, Akhlak Mulia

Abstract

Tujuan penulisan tulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui berkenaan dengan peran orang tua dalam pendidikan anak-anak: kolaborasi yang efektif dengan sekolah. Karena fenomena hari ini dimana orangtua banyak yang melepaskan tanggungjawab mereka kepada sekolah seutuhnya dengan alasan pekerjaan, sehingga sekolah menjadi sulit untuk mencapai tujuannya jika tanpa ada dukungan dan bantuan dari orangtua dirumah. Orangtua dirumah adalah madrasah atau sekolah utama bagi anak setelah akhirnya diberikan kepada sekolah sebagai perpanjangan tangan paruh waktunya. Oleh sebab itu untuk mendapatkan hasl dan mencaoai tujuan pendidikan dengan sempurna maka peran orangtua dirumah harus dijalankan

References

Al-Qarashi, Bagir Sharif. (t.t). Seni Mendidik Islami. Jakarta: Pustaka Zahra.

Hakim, Mohammad Taqi.(t.t). Bagaimana Menjalin Komonikasi Antara Orang Tua dan Anak. Jakarta Pustaka Zahra.

Hardani et al. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Mahali, A. Mudjad. (1994). Hubungan Timbal Balik Orang Tua dan Anak. Cet III. Solo: Ramadhani.

Meolong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. RosdakKarya.

Ronny K. (2003). Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM, 2003.

Sabri, M. Alisif. (1999). Ilmu Pendidikan. Cet.I. Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya.

Sahir, Syafrida Hafni. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: KBM Indonesia.

Setiawan, Denny. (t.t). Peran Orang Tua dan Sekolah dalam Mendidik Anak. www.pdf-search-engine.com

Downloads

Published

26-12-2023