MANAJEMEN KEDISIPLINAN GURU: STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR ISLAM CENDANA KOTA BATAM PROVINSI KEPULAUAN RIAU
Keywords:
Manajemen Kedisiplinan, Guru, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kedisiplinan guru di Sekolah Dasar Islam Cendana, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada seluruh guru di sekolah tersebut. Variabel yang diukur meliputi penerapan peraturan, pemberian sanksi, pemberian penghargaan, dan konsistensi dalam penerapan disiplin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum manajemen kedisiplinan guru di sekolah tersebut sudah cukup baik. Namun, masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti konsistensi dalam pemberian sanksi dan pemberian penghargaan yang lebih bervariasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas manajemen kedisiplinan guru di sekolah-sekolah serupa.
References
Arikunto, Suharsimi. (2005). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasbullah. (1999). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Hasibuan, Malayu S.P. (2006). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Kansil, CTS. (2005). Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Jakarta: Pradya Pramita.
Prasetya. (2002). Filasafat Pendidikan. Cet. III. Bandung: Pustaka Setia
Putra, Udin S. Winata. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rohani, Ahmad. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sujanto, Agus. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Thoifuri. (2007). Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Rasail.
Wijaya, Cece dan Ahmad Tabrani Rusyam. (2005). Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yusrianto, Edi. (1998). Lintasan Sejarah Pendidikan (di Indonesia). Cet 1. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sofiandi, Zulkifli M. Nuh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.